PONIRIN, PONIRIN (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Kesimpulan dan Saran.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa 489 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan penyampelan klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi Keliling dan Luas Lingkaran. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh, t_hitung= 2,070 dan dengan α = 0,05 diperoleh t_tabel = 1,666 yang berarti t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 2,070>1,666. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat pengaruh positif penggunaan pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pemahakan konsep matematika siswa keliling dan luas lingkaran |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 05:53 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 05:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5994 |
Actions (login required)
View Item |