PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG

PONIRIN, PONIRIN (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa 489 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan penyampelan klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi Keliling dan Luas Lingkaran. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh, t_hitung= 2,070 dan dengan α = 0,05 diperoleh t_tabel = 1,666 yang berarti t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 2,070>1,666. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat pengaruh positif penggunaan pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) pemahakan konsep matematika siswa keliling dan luas lingkaran
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 22 Jan 2020 05:53
Last Modified: 22 Jan 2020 05:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item