RISTI, VIARA (2018) PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan kelayakan asesmen IPA berbasis keterampilan proses sains pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMP Az-Zahrah 2 Palembang. Asesmen yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan proses sains dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan soal McInstire (2000). Validasi ahli dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu ahli materi; ahli evaluasi dan ahli materi. Uji coba pertama dilakukan pada siswa kelas VII SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pengembangan asesmen IPA terdapat 10 langkah, yaitu mendefinisikan kompetensi; peserta tes dan tujuan tes; mengembangkan rencana uji; menulis item tes; menulis instruksi administrasi; melakukan uji coba; analisis item; revisi tes; validasi tes; mengembangkan norma dan melengkapi tes manual. Kelayakan asesmen IPA berbasis keterampilan proses sains berdasarkan validator ahli hasilnya berkualifikasi layak sampai dengan sangat layak serta berdasarkan hasil validitas empiris butir soal dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen ipa keterampilan proses sains |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 08:17 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 08:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6008 |
Actions (login required)
View Item |