LANGKAH-LANGKAH PENINGKATAN MUTU MADRASAH PADA BIDANG MADRASAH DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KANTOR WILAYAH DEPARTEMEN AGAMA PROVINSI SUMATERA SELATAN

SURYA, YONO (2007) LANGKAH-LANGKAH PENINGKATAN MUTU MADRASAH PADA BIDANG MADRASAH DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KANTOR WILAYAH DEPARTEMEN AGAMA PROVINSI SUMATERA SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Yono 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (4).pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yono 5.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HLM Depan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ada beberapa institusi terkait yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas madrasah, salah satunya adalah Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama atau yang sering disebut dengan Mapenda. Bidang ini merupakan salah satu bidang yang dimiliki oleh Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan. Di dalam Bidang Mapenda ini terdapat 5 (lima) Seksi yaitu: Seksi Kurikulum, Seksi Ketenagaan, Seksi Kelembagaan dan Ketatalaksanaan, Seksi Sarana dan Seksi Supevisi Evaluasi. Bidang Mapenda dengan lima seksinya tersebut bertanggung jawab terhadap keberlangsungan dan peningkatan kualitas madrasah serta pendidikan agama di sekolah umum. Ditengah-tengah persoalan mutu input, proses dan output madrasah yang masih menjadi kendala saat ini maka ada satu pertanyaan yang sangat esensial untuk diajukan yaitu bagaimana kontribusi Mapenda terhadap peningkatan mutu (input, proses dan out put madrasah tersebut. Permasalahan yang dibahasa dalam tesis ini adalah: !). Bagaimana kebijakan Mapenda terhadap peningkatan mutu madrasah di Sumatera Selatan? 2). Bagaimana langkah-langkah strategis bidang Mapenda Islam dalam meningkatkan Mutu Madrasah di Sumatera Selatan? Adapun tujuan dari penulisan tesis ini adalah: 1). Untuk mengetahui kebijakan Mapenda terhadap peningkatan mutu madrasah di Sumatera Selatan, 2). Untuk mengetahui langkah-langkah strategis bidang Mapenda Islam dalam meningkatkan Mutu Madrasah di Sumatera Selatan. Untuk menjawab masalah di atas sudah tentu diperlukan data yang langsung dari sumber primer dan sekunder. Oleh karena itu data dimaksud di atas akan digali melalui beberapa alat pengumpul data, yaitu: Angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya setelah data terkumpul maka data tersebut akan diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif dan deduktif. Berdasarkan analisis kualitatif dari data tertulis, wawancara dan dokumentasi maka dapat disimpulkan beberapa simpulan yaitu: 1). Kebijakan strategi peningkatan mutu madrasah yang dilakukan Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Islam (Mapendais) Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan telah dilakukan secara integral meliputi peningkatan layanan pendidikan di madrasah, perluasan dan pemerataan kesempatan pendidikan di madrasah, peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, pengembangan sistem dan manajemen pendidikan, dan pemberdayaan kelembagaan madrasah. 2). Langkah-langkah strategi yang dilakukan Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Islam (Mapendais) Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di madrasah adalah: a. Menetapkan madrasah model dan reguler di setiap Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan, b. Melakukan fit and proper test untuk calon kepala madrasah, c. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi guru yang lulus fit and proper test, d. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan manajemen bagi kepala madrasah, e. Pembangunan perpustakaan, laboratorium MIPA dan bahasa serta renovasi ruang belajar bagi madrasah model dan reguler (negeri dan swasta) se Sumatera Selatan secara bertahap, f. Melaksanakan berbagai workshop bagi guru mata pelajaran baik mata pelajaran umum maupun agama (Pendidikan Agama Islam), g. Melaksanakan diskusi berkala mengenai kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan metodologi pembelajaran, h. Menetapkan penerapan manajemen berbasis madrasah bagi sembilan madrasah model, i. Melaksanakan tes kompetensi guru untuk rasionalisasi dan penempatan pada madrasah model se Kota Palembang, j. Pengadaan buku mata pelajaran dan alat peraga, k. Melaksanakan workshop bulanan untuk pemberdayaan pengawas pendais

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:44
Last Modified: 23 Jan 2020 03:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6017

Actions (login required)

View Item View Item