PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AZIZAN PALEMBANG

SUNDARI, ULIS (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AZIZAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi kreatif produktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sebelum diterapkan Starategi Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Mata Pelajaran IPA MI Azizan Palembang. 2) Untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sesudah diterapkan Starategi Pembelajaran Kreatif Produktif MI Azizan Palembang. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Azizan Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa kelas V sampel diambil dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrument tes berupa soal essay berjumlah 5 butir soal dan nontes yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA sebelum menerapkan strategi pembelajaran kreatif produktif di MI Azizan Palembang mendapatkan mean sebesar 32. Sedangkan hasil presentase hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (18%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (77%), dan tergolong rendah 1 orang siswa (5%). 2)Hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan strategi pembelajaran kreatif produktif mendapatkan mean sebesar 77. Sedangkan presentase hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (18%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (69%), dan tergolong rendah 3 orang siswa (5%). 3) Pengaruh strategi pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yaitu: dari proses membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan ( = 22,72) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t( = 1,72 dan = 2,51), maka dapat diketahui bahwa adalah lebih besar dari yaitu 1,72<22,26>2,51. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA siswa kelas V MI Azizan Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran kreatif produktif hasil belajar ipa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:20
Last Modified: 23 Jan 2020 08:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6027

Actions (login required)

View Item View Item