PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)NEGERI 54 PALEMBANG

QONITA, SITI (2019) PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)NEGERI 54 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Learning Together dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMP N 54 Palembang”. Metode pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together merupakan metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkakan aktivitas belajar peserta didik agar terciptanya suasana yang kondusif serta peserta didik pun dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas ekseperimen, aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan pengaruh metode kooperatif tipe learning together terhadap aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi menjauhi makanan dan minuman haram di SMP N 54 Palembang. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu kuantitatif berupa data jumlah guru, jumlah siswa, dan data hasil angket belajar siswa di SMP N 54 Palembang. Data kualitatif berupa dokumentasi dari pihak sekolah dan berupa kalimat meliputi pelaksanaan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer yang diperoleh langsung dari kepala sekolah, guru pengampu Pendidikan Agama Islam, dan siswa sebagai sampel. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari dokumentasi dan buku-buu yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik penumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observs, angket, dan dokumentasi. Dari Analisis data yang ada untuk mengambil penilaian menggunakan rumus uji T “tes”. Hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah yang pertama, aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen terdapat 8 siswa tergolong tinggi dengan persentase (25%), 23 siswa tergolong sedang dengan persentase (53,12%), dan 1 siswa tergolong rendah dengan persentase (3,21%). Yang kedua, aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 54 Palembang yaitu 4 siswa tergolong tinggi dengan persentase (12,5%), 23 siswa tergolong sedang dengan persentase (71,8%), dan 5 siswa tergolong rendah dengan persentase (15,62%). Yang ketiga, pengaruh metode kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 54 Palembang, yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dikarenakan thitung lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,0<6,617>2,39 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: METODE KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:48
Last Modified: 23 Jan 2020 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item