PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 38 PALEMBANG

SUKMAWATI, SUKMAWATI (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 38 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Buzz Group dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 38 Palembang. Latar belakang penelitian ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa belum aktif dalam berdiskusi, mengemukakan pendapat, bertanya, sebagian siswa ribut di dalam kelas, rendahnya nilai hasil belajar siswa, dan guru belum maksimal dalam menerapkan metode pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui hasil belajar PAI yang diterapkan metode Buzz Group di SD Negeri 38 Palembang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar PAI yang tidak diterapkan metode Buzz Group di SD Negeri 38 Palembang, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Buzz Group dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 38 Palembang Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa SD Negeri 38 Palembang sebagai objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan teknik analisis datanya menggunakan uji T. Hasil penelitian memperoleh hasil : (1) hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang diterapkan metode Buzz Group tergolong tinggi (5%) terdapat 1 siswa, tergolong sedang (80%) terdapat 16 siswa dan tergolong rendah (15%) terdapat 3 siswa, (2) hasil belajar PAI di kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Buzz Group tergolong tinggi (35%) terdapat 7 siswa, tergolong sedang (35%) terdapat 7 siswa dan tergolong rendah (30%) terdapat 6 siswa, (3) pengaruh penerapan metode Buzz Group dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SD N 38 Palembang. Metode Buzz Group berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD N 38 Palembang. Hal ini dilihat dari analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus uji-t yaitu thitung = 4,784 > ttabel = 2,02 (5%). Maka hasilnya adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Buzz Group Hasil Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:49
Last Modified: 27 Jan 2020 02:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item