SURINA, SURINA (2019) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIRED STORYTELLING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh metode Cooperative Learning Tipe Paired Story Telling terhadap keaktifan belajar siswa pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang. Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII sekolah menengah pertama Negeri 4 Palembang sebelum diterapkan metode Cooperative Learning Tipe Paired Story Telling? (2) Bagaimana keaktifan belajar siswa setelah diterapkan metode Cooperative Learning Tipe Paired Story Telling pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang? (3) Apakah ada pengaruh metode Cooperative Learning Tipe Paired Story Telling berpengaruh efektif terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang? Peneliti ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang.(2) Untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan metode cooperative learning tipe paired story telling pada pembelajaran pendidikan Agama Islam kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang.(3) Untuk mendeskripsikan pengaruh metode cooperative learning tipe paired story telling terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang. Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain true experimental design bentuk test only control group desain.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode cooperative learning tipe paired story telling (x) dan variabel terikatnya adalah keaktifan belajar siswa (y). Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Pertama, keaktifan belajar siswa sebelum penerapan metode cooperative learning tipe paied story telling tergolong sedang karena dari 30 siswa terdapat tinggi 6 siswa (20%) sedang 19 (63.3%), dan rendah, (16.6%). Kedua, keaktifan belajar setelah penerapan metode cooperative learning tipe paired story telling tergolong tinggi 5 (16.67%),sedang 23(76.67%), dan rendah 2(6.67%). Ketiga, pengaruh metode cooperative learning tipe paired story telling berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Palembang. Hal ini dilihat dari analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus uji-t yaitu thitung =. 5 % maupun 1 % yaitu 2,0 < 6,617>2,39 lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode cooperative learning tipe paired storytelling keaktifan belajar siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 03:15 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 03:15 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6078 |
Actions (login required)
View Item |