PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG

SAMBIA, SAMBIA (2019) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTs PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-bia.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V bia.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang “Penerapan metode hypnoteaching dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII yang masih relatif rendah dan penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, Sehingga peneliti menerapkan metode hypnoteaching dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran metode hypnoteaching? dan apakah metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Paradigma? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode hypnoteaching, untuk menngetahui apakah metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII MTs Paradigma Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen serta menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan adanya peningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode hypnoteaching, karena berdasarkan perbandingan nilai uji “t” diperoleh nilaittabel= 9,65 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 1%=2,76 maupun pada taraf signifikansi 5%=2,04. Dapat di pahami bahwa penggunaan metode hypnoteaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Paradigma Palembang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, Ha diterima dan H0 ditolak.(2,04< 9,65 > 2,76).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode hypnoteaching meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:34
Last Modified: 28 Jan 2020 02:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item