AFTARI, YETRI (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PENUTUP .pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektifitas model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu efektifitas model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (X) sebagai variabel bebas dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Y) sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lais yang berjumlah 141 siswa. Dalam pengambilan sampel ditentukan 50% dari populasi penelitian ini diambil sebanyak 71 siswa dan dalam pengambilan sampel tersebut menggunakan random sampling atau secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan analisis statistik untuk mengetahui pengaruh efektifitas model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Lais dengan menggunakan rumus korelasi kontingensi dengan menggunakan rumus statistik Kai Kuadrat (x2). Dari hasil analisis data, Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 1 Lais diklasifikasikan sedang, terbukti dari 71 siswa yang menjadi responden sebanyak 41 orang (57,75%) menyatakan sedang, sedangkan 15 orang (21,13%) menyatakan tinggi dan 15 orang (21,13%) yang menyatakan rendah. Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Lais diklasifikasikan sedang. Hal ini dapat diketahui sebanyak 43 orang (60,56%) menyatakan sedang. Sedangkan 16 orang (22,54%) menyatakan tinggi, dan menyatakan rendah sebanyak 12 orang (16,90%). Adapun pengaruh efektifitas model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam “r”; df = N-nr = 71-2 = 69. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment diketahui bahwa df sebesar 69 pada taraf signifikansi 5% = 0,233, sedangkan pada taraf signifikansi 1% = 0,304. Berdasarkan analisis statistik korelasi kontingensi (x2), terlihat bahwa harga “phi” lebih besar dari pada harga “r” baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1% atau 0,233 < 0,325 > 0,304. Jadi Hipotesa Nol (Ho) ditolak. Berarti hipotesis alternatif (Ha) terbukti dapat diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan efektifitas model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi meningkatkan kreativitas belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 07:48 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 07:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6092 |
Actions (login required)
View Item |