PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IIS II MADRASAH ALIYAH ALFATAH PALEMBANG

NINGSIH, TRISNA (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IIS II MADRASAH ALIYAH ALFATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya siswa yang motivasi belajarnya kurang, dan mengingat begitu pentingnya kecerdasan emosional dalam meningkatkan motivasi belajar, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam sebuah karya ilmiah berupa skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di kelas X IIS II Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di kelas X IIS 2 Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Penyajian data hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk analisis product moment. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan awal ke lapangan, kuesioner serta dokumentasi yang ada di sekolah. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di kelas X IIS II Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh pada tabel “r” Product Moment didapatkan angka Df= 28 pada taraf signifikan 5% adalah 0,361 dan taraf signifikan 1% adalah 0,463. Jadi, 0,361 > (0,124) < 0,463 dengan demikian rxy yang besarnya 0,124 adalah lebih kecil dari tabel nilai “r”, maka hipotesa (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Dengan demikian, tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y, baik atas dasar spesifikasi 1% dan 5%. Kecerdasan emosional bukanlah semata-mata faktor penentu yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, akan tetapi dengan adanya lingkungan belajar yang kondusif dan dari lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional motivasi belajar siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:45
Last Modified: 29 Jan 2020 08:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item