PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI MENGENAL 10 NAMA MALAIKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 06 MERAPI TIMUR LAHAT

PUTRI, ROSALIA UTAMI (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI MENGENAL 10 NAMA MALAIKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 06 MERAPI TIMUR LAHAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran melibatkan berbagai komponen. Salah satunya yang tidak kalah penting adalah komponen media. Media memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting untuk membantu kelancaran proses pembelajaran dan efektivitas pencapaian hasil belajar, media sebagai alat bantu mengajar untuk memahami materi pembelajaran oleh sebab itu, media memiliki adil untuk menjelaskan sesuatu yang abstrak dan menunjukkan sesutau yang masih tersembunyi. Ketidakjelasan atau kerumitan materi pelajaran dapat membantu guru dalam menutupi kekurangan dirinya dalam menyampaikan materi pelajaran. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan media Flash Card pada materi mengenal 10 Nama Malaikat terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 06 Merapi Timur Lahat, bagaimana penerapaan media pembelajaran Flash Card sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam kelas IV SDN 06 Merapi Timur Lahat. Bagaimana hasil penerapan media Flash Card pada materi mengenal 10 nama Malaikat terhadap motivasi belajar siswa. Adakah pengaruh menggunakan media Flash Card kelas IV terhadap motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan di SDN 06 Merapi Timur Lahat. Penelitian ini dilakukann di SDN 06 Merapi Timur Lahat untuk mengetahui penerapan media Flash Card pada materi mengenal 10 Nama Malaikat terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 06 Merapi Timur Lahat. Jenis penelitian ini Pre-Eksperimental design dengan bentuk One-Group Pretest-postets design. Sampel dalam penelitian penulis mengambil 1 sampel, kelas IV berjumlah 18 orang siswa 10 laki-laki dan 8 orang perempuan. Kemudian untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpulan data yaitu : observasi, angket dan observasi. Untuk menganalisa data penelitian ini, maka penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan statistik uji “t”. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis didapat bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada materi mengenal 10 nama Malaikat sesudah diterapkannya Media Flash Card di kelas IV SDN 06 merapi Timur Lahat. Hal ini dapat dilihat dari nilai t_(t.ts.5% )<t_0>t_(t.ts.1%) 2,11<4,47>2,90. Pada materi Mengenal 10 Nama Malaikat kelas IV di SDN 06 Merapi Timur Lahat.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus statistik test “t” Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara media pembelajaran Flash Card dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada materi mengenal 10 nama Malaikat SDN 06 Merapi Timur Lahat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran flash card materi mengenal 10 nama malaikat motivasi belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:36
Last Modified: 30 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6132

Actions (login required)

View Item View Item