PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS VII MTS AL-MUHAJIRIN CINTA KASIH KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MUARA ENIM

JASI, LOUREN APRIRA ADEKA (2019) PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS VII MTS AL-MUHAJIRIN CINTA KASIH KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim”. Metode drill adalah salah satu metode dalam pembelajaran dengan adanya metode ini siswa dapat berlatih dari yang belum bisa menjadi bisa seperti halnya dalam membaca Al-Qur‟an jika siswa sering berlatih membaca Al-Qur‟an ada kemungkinan yang belum bisa menjadi bisa dengan bimbingan orang yang sudah mengerti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim sebelum diterapkan metode drill? 2. Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim setelah diterapkan metode drill? 3. Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim sebelum dan setelah diterapkannya metode drill? Penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 46 siswa. dari jumlah populasi tersebut kelas VII dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi dan selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pertama, Kemampuan membaca Al-Qur‟an kelas VII MTs Cinta Kasih sebelum diterapkannya metode drill yaitu yang tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (33,3%) nilai 68 keatas, tergolong rendah sebanyak 2 orang siswa (16,7%) nilai 67 sampai dengan 68, dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (50%) nilai 66 ke bawah. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur‟an kelas VII MTs Cinta Kasih setelah diterapkannya metode drill yaitu tergolong tinggi 6 orang siswa (50%) nilai 70 ke atas, tergolong sedang 1 orang siswa (8,3%) nilai 67 sampai dengan 69, dan yang tergolong rendah sebanyak orang siswa 5 orang (41,7%) nilai dibawah 66. Ketiga, Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an kelas VII MTs Al-Muhajirin Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim. Hal ini karena thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 5,22>2,20 maupun taraf signifikan 1% yaitu 5,22>3,11.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode drill kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:53
Last Modified: 30 Jan 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item