ROSITA, ROSITA (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRIAL BY JURY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini Dengan Judul: Penerapan Strategi Pembelajaran Trial By Jury Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah peserta didik masih kurang memperhatikan materi pelajaran yang diberikan oleh guru dan kurangnya dorongan motivasi baik dari guru maupun siswa dalam menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana motivasi belajar siswa pada kelas yang diterapkan strategi pembelajaran trial by jury, dan kelas yang tidak diterapkan strategi pembelajaran trial by jury serta perbedaan motivasi belajar antara kelas yang diterapkan strategi pembelajaran trial by jury dan kelas yang tidak diterapkan strategi pembelajaran trial by jury. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mendorong siswa untuk dengan seksama mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Trial By Jury Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Palembang. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan true experimental dengan posttest-only control designs, Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah 64 orang peserta didik. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi dan angket. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah pihak yang terkait yaitu peserta didik yang berjumlah 64 orang, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi seputar SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Hasil dari penelitian ini yaitu: penerapan strategi trial by jury memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa rxy = 3,786 lebih besar dari tt = 2,00 dan 2,65. maka t0 adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1% dengan rincian : 2,00 <3,786>2,65. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan strategi trial by jury dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nahdlatul Ulama Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | trial by jury motivasi belajar pendidikan agama islam |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 07:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 07:03 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6138 |
Actions (login required)
View Item |