PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 PALEMBANG

PURWANDARI, IKA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang “ Pengaruh Penerapan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi asmaul husna kelas VII di SMP Negeri 6 Palembang”. Model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkakan aktivitas belajar peserta didik agar terciptanya suasana yang kondusif serta peserta didik pun dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar siswa ketika tidak diterapkan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Asma’ul Husna Kelas VII.6 di SMP Negeri 6 Palembang, (2) Aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Asma’ul Husna Kelas VII.7 di SMP Negeri 6 Palembang, (3) Apakah ada Pengaruh dari penerapan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Asma’ul Husna Kelas VII di SMP Negeri 6 Palembang. Desain Penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif menggunakan metode experimental design dengan bentuk post-test only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Palembang Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.6 (kontrol) dan kelas VII.7 (eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Setelah dilakukan perhitungan dan analisa data, maka hasil penelitian yang ini menunjukkan bahwa hasil analisis nilai uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,66<6,20>2,00 pada taraf signifikasi 5 % dan juga 1%. Maka H0 ditolak yang artinya ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran numbered head together dengan menggunakan teknik mind mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Asma’ul Husna kelas VII di SMP Negeri 6 Palembang. Hal ini juga terlihat dari partisipsi siswa yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: numbered head together mind mapping aktivitas belajar pendidikan agama islam asmaul husna
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:55
Last Modified: 03 Feb 2020 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item