HASIBUAN, ANADI PUTRA SRITA (2019) PENERAPAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA DI KELAS VI DI SD NEGERI 136 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Proses komunikasi dalam pembelajaran yang efektif terdapat 3 komponen pokok, yaitu guru sebagai penyampai pesan, siswa sebagai penerima pesan, dan materi ajar sebagai pesan itu sendiri. Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta kondisi kelas yang tidak kondusif mengakibatkan proses penyampaian pesan atau materi pembelajaran dari guru ke siswa tidak berhasil maksimal yang berdampak pada hasil belajar. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media realia sebagai perantara guru menyampaikan pesan agar materi dapat di terima siswa dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI mata pelajaran PAI di SD Negeri 136 Palembang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Realia pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 136 Palembang ? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Preeksperimental design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif serta menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 kelas VI b dan VI c tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah 58 siswa kemudian diambil sampel kelas VI b . dan VI c yang berjumlah 29 siswa. Sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Soal untuk mengetahui hasil belajar. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung penrapan Media Reali terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus tes “T”. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media realia hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan yaitu 86,20% sedangkan yang belum tuntas mencapai 13,79%. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai yaitu 94% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 51,72%, dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 48,27%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran (PAI) dalam materi tolong-menolong di SD Negeri 136 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media realia hasil belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 04:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 04:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6184 |
Actions (login required)
View Item |