RAHAYU, SITI SRI (2019) RELEVANSI PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN TENTANG PENDIDIKAN MENTAL/PSIKIS ANAK USIA DINI PADA ERA GENERASI ALPHA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V Penutup dan Daftar Pustaka.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan suatu kajian terkait pemikiran tokoh dalam bidang pendidikan mental/ psikis dengan menyoroti salah satu tokoh Islam abad ke-20 yaitu Abdullah Nashih Ulwan. Analisis dalam kajian ini hanya difokuskan pada pemikiran dan relevansinya dengan generasi alpha. Pemikiran tersebut meliputi hakikat pendidikan mental/ psikis, tujuan pendidikan mental/ psikis, macammacam mental yang baik dan buruk serta strategi dalam pendidikan mental/psikis anak usia dini. Semua pembahasan tersebut diintegrasikan dalam rentang anak usia dini yaitu usia 0 sampai dengan 8 tahun pada era generasi alpha. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan jenis data kualitatif. Peneliti mendapatkan data dalam penelitian ini melalui pendekatan biografi tokoh, historis (sejarah), serta fenomenologi. Data-data yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa buku karya Abdullah Nashih Ulwan serta data sekunder yang berupa Al-Qur’an, hadits, tafsir, buku-buku kesehatan mental seperti buku Dzakiyah Drajad, Syamsu Yusuf, serta berbagai jurnal lainnya yang terkait dengan pendidikan mental/ psikis anak usia dini pada generasi alpha. Penelitian ini akhirnya menemukan pokok-pokok pemikiraan terkait pendidikan mental/ psikis anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan. Pendidikan psikis/mental anak usia dini adalah suatu tindakan pengajaran, pemeliharaan, pembiasaan, pelatihan anak untuk berjiwa/berwatak/berkepribadian yang sehat yaitu berani, berterus terang, perkasa, merasa sempurna, senang berbuat baik pada orang lain, mampu mengontrol emosi serta memiliki semua keutamaan jiwa dan akhlak. Sederhananya tujuan pendidikan psikis/mental anak usia dini dalam pemikiran Abdullah Nashih Ulwan yaitu untuk membentuk watak/kepribadian anak yang dimulai sedini mungkin agar ia siap memasuki fase baligh. Faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan-gangguan pada pendidikan mental/psikis antara lain fenomena sifat minder, penakut, rendah diri, dengki (hasad), dan amarah. Abdullah Nashih Ulwan mengemukakan berbagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu melalui metode pembiasaan, reward, berkisah, dan memberikan nasehat. Solusi yang dihadirkan oleh Abdullah Nashih Ulwan ini masih relevan dengan kondisi generasi alpha saat ini. Walaupun dengan karakteristik zaman yang berbeda melahirkan karakteristik generasi yang berbeda pula. Namun substansi dari pokok permasalahannya masih sama dan urgensi dari pendidikan mental/psikis semakin dibutuhkan pada era alpha ini. Sehingga berbagai solusi tersebut masih bisa digunakan pada generasi sekarang yaitu era generasi alpha. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dengan perubahan yang ada. Karena perubahan dalam sebuah proses perkembangan adalah sebuah keniscayaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | abdullah nashih ulwan pendidikan psikis anak anak usia dini generasi alpha kesehatan mental anak gangguan mental anak |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 02:59 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 02:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6189 |
Actions (login required)
View Item |