PENGARUH FAKTOR MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS AL-QUR’AN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG

HIDAYAT, M. (2020) PENGARUH FAKTOR MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS AL-QUR’AN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Motivasi Belajar merupakan faktor internal untuk mempengaruhi prestasi akademik siswa kelas Al-Qur’an SD IT Izzuddin Palembang. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya ditemukan sebagian lingkungan yang tidak kondusif, kurangnya keterlibatan atau kepedulian orang tua terhadap anaknya, tekanan target hafalan yang cukup banyak, jadwalnya terbatas dan tidak fleksibel, kurangnya motivasi orang tua, kurangnya minat siswa dalam menargetkan prestasi dalam akademik dan hafalan dan kurangnya berkomunikasi sesama teman yang mengakibatkan siswa nya menjadi pasif. Sedangkan tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa kelas Al-Qur’an SD IT Izzuddin Palembang dan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam kelas Al-Qur’an SD IT Izzuddin Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa teori tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Faktor tersebut terbagi menjadi dua macam yaitu faktor eksternal dan internal, yang di dalam penelitian ini terfokuskan pada faktor internal yaitu motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian Ex-post Facto. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik angket dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasilnya tersebut diperoleh ialah (1) Persentase hasil analisis tentang Motivasi Belajar SD IT Izzuddin Palembang kategori sedang yakni sebesar 62%. (2) Persentase hasil analisis tentang Prestasi Akademik kelas Al-Qur’an di SD IT Izzuddin Palembang kategori sedang yakni sebesar 42%. (3) Ada pengaruh signifikan tingkat korelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Akademik kelas Al-Qur’an SD IT Izzuddin Palembang dengan hasil perhitungan rumus korelasi product moment diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 3,25> 1,7291.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar prestasi akademik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Feb 2020 06:16
Last Modified: 05 Feb 2020 06:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item