IHSANUDDIN, YUNAN (2020) STRATEGI BELAJAR SISWA BERPRESTASI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I FIX.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Strategi Belajar Siswa Berpestasi”. Kesulitan dalam memahami materi pelajaran dengan baik, ada siswa yang sulit dalam menerima di salah satu bidang studi tertentu, ada siswa yang tidak memiliki dorongan semangat belajar dan motivasi nya kurang baik. Dengan demikian perlunya strategi belajar dalam membantu siswa ketika proses belajar agar menjadi pribadi yang memiliki prestasi yang tinggi Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi belajar siswa berprestasi di MAN 3 Palembang? Apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi siswa berpestasi di MAN 3 palembang? Penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah Siswa Kelas XI di MAN 3 Palembang pada tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 377 siswa yang terdiri dari 9 rombel, dari jumlah populasi tersebut kelas XI IPA 1 dan IPS 1 yang dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 6 siswa yang merupakan siswa berprestasi peringkat 1, 2 dan 3 pada tiap kelas nya. Sumber data primer adalah yang diperoleh dari siswa berprestasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari wali kelas masing-masing kelas IPA 1 dan IPS 1, observasi dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian, dapat disimpulkan: Pertama, Strategi belajar siswa berprestasi di MAN 3 Palembang memiliki strategi belajar mencatat berupa Mind Mapping dan tulis susun, dalam menulis juga menggunakan strategi menulis pengelompokkan dn menulis cepat, dalam mengingat menggunakan strategi mengingat Asosiasi atau PancaIndera dan dalam membaca memiliki kemampuan membaca cepat, persiapan yang baik dalam membaca dan mampu memahami apa yang dibaca . Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa untuk menjadi siswa yang berpestasi adalah faktor kesehatan atau kondisi jasmani siswa, kecerdasan siswa yang baik dalam memahami pelajaran, motivasi siswa dan minat siswa, bakat siswa, dorongan dari orang tua teman dan guru dalam belajar, suasana dan waktu belajar yang tepat, sarana dan prasarana yang mendukung proses pelajaran dan sikap siswa ketika belajar maupun di luar jam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar siswa berprestasi faktor-faktor mempengaruhi belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 06:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 06:13 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6199 |
Actions (login required)
View Item |