PENGUATAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 1 PALEMBANG

SUPRIADI, SUPRIADI (2020) PENGUATAN NILAI-NILAI KEJUJURAN MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Potret penerapan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Palembang, idealnya harus sejalan dengan penguatan nilai-nilai kejujuran. Akan tetapi dalam pelaksanaannya ditemukan siswa banyak yang tidak berlaku jujur, seperti siswa tidak jujur dalam ujian, menyontek ketika ulangan berlangsung, berkata bohong, tidak menepati janji dan banyak bergaul dengan lingkungan yang tidak benar. Sementara itu penguatan nilai-nilai kejujuran seharusnya menjadi dasar perilaku manusia yang harus selalu di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pelaksanaan penguatan nilai-nilai kejujuran, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan nilainilai kejujuran melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Palembang. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penguatan nilai-nilai kejujuran melalaui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Palembang. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan nilai-nilai kejujuran melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu: a) Data primer adalah data yang diperoleh dari kepala sekolah dan guru, b) Data sekunder adalah data pendukung dari siswa, arsip, dokumen sekolah yang tersimpan. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: pelaksanaan penguatan nilai-nilai kejujuran melalui mata pelajaran PAI menghasilkan: 1) Jujur dalam perkataan siswa tidak diperkenankan berbohong, 2) Benar dalam pergaulan, siswa harus berteman dengan orang yang benar, 3) Benar dalam keinginan, siswa dianjurkan melakukan segala hal dengan ikhlas, 4) Jujur dalam janji, siswa harus menepati janji yang sudah disepakati, 5) Benar dalam kenyataan, siswa harus berbicara dengan benar sesuai dengan kenyataan. Faktor pendukung pelaksanaan penguatan nilai-nilai kejujuran adalah kegiatan rohis, tadarus Al-Qur’an, upacara bendera, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, pergaulan keteladanan guru, fasilitas sekolah. Faktor penghambat adalah Takut dimarahi oleh guru karena berbuat salah, Mencontoh kebohongan orang tua, guru dan keluarga, Ancaman hukuman bagi kesalahan, lingkungan sekolah dan alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penguatan nilai-nilai kejujuran pendidikan agama islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:13
Last Modified: 06 Feb 2020 06:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item