CIK, NANG (2015) PERANAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
File BAB 1 2 DAN 5.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
File Halaman Awal.pdf Download (881kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini berjudul, “Peranan Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Palembang”. Keberhasilan para guru tidak lepas dari peran kepala madrasah sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan yang selalu menggerakkan, mengarahkan, dan memberikan motivasi kepada para guru. Aspek-aspek inilah yang diteliti dalam tesis ini, yaitu bagaimana peranan seorang kepala madrasah di madrasah aliyah Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Palembang dan faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat peranan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: a) wawancara, b) observasi, dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi dan dianalisis dengan teknik analisa kualitatif. Selanjutnya kredibilitas data dicek dengan menggunakan keabsahan data yaitu triangulasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama, peranan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Palembang secara deskriptif sudah baik. Hal ini bisa dilihat dari peranan sebagai berikut: a) Kepala madrasah sebagai educator telah melaksanakan fungsinya sebagai guru yaitu melaksanakan kegiatan mengajar dan membuat perangkat pembelajaran sesuai pedoman silabus. b) Kepala madrasah sebagai manajer yaitu telah menyusun program mingguan, bulanan, tahunan, program jangka menengah dan jangka panjang dengan menyusun organisasi kepegawaian madrasah yang efektif. c) Kepala madarsah sebagai administrator yaitu memberikan pelayanan kepada bawahannya dan mengembangkan sarana prasarana yang ada. c) Kepala madrasah sebagai supervisor menunjukkan sudah cukup baik dengan indikator selalu memperhatikan kinerja bawahannya. d) Kepala madrasah sebagai leader dengan bersikap tegas dalam menegakan disiplin, mampu membangun visi dan misi, mampu dalam berkomunikasi dan mampu mengambil keputusan. e) Kepala madrasah sebagai inovator hanya melanjutkan kegiatan yang selama ini sudah berjalan dan menganjurkan siswa-siswi untuk mengerjakan ibadah sholat sunnah yaitu sholat Dhuha. f) Dan dari aspek motivator juga sudah baik, hal ini bisa dilihat dari beberapa indikator yang muncul, seperti memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) bagi yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan secara bersama, menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga diharapkan kinerja guru akan meningkat Kedua, ada beberapa faktor yang mendukung peranan kepala madrasah adalah adanya motivasi dari yayasan, tenaga pendidik dan kependidikan, adanya kerja sama yang saling mendukung dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan kepada guru dan staf serta adanya fasilitas. Sedangkan faktor yang menghambat peranan kepala madrasah adalah kurang disiplin sebagian guru, kurang variatif sebagian guru dalam metode mengajar dan rendahnya pemahaman guru dalam membuat perangkat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 03:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 04:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6254 |
Actions (login required)
View Item |