Lilin, Suryani (2016) REKRUTMEN GURU MA AL-FATAH DAN MAN 2 DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
LAM depan y lillia.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 Lilin.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 Lilin.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 Lilin N DP.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini berjudul “Rekrutmen Guru MA Al-Fatah dan MAN 2 Palembang di Kota Palembang”. Hal ini dilatar belakangi oleh Proses rekrutmen dimulai pada waktu mencari pelamar dan berakhir ketika pelamar mengajukan lamaran-lamarannya. Artinya, dapat dikatakan bahwa langkah selanjutnya setelah proses rekrutmen, yaitu seleksi, bukan lagi merupakan bagian dari rekrutmen. Jika proses rekrutmen ditempuh dengan tepat dan baik, hasilnya ialah adanya sekelompok pelamar yang kemudian diseleksi guna menjamin bahwa hanya yang paling memenuhi persyaratanlah yang diterima sebagai pekerja dalam organisasi yang memerlukannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana rekrutmen guru di MA Al-Fatah Palembang ?, Bagaimana rekrutmen guru di MAN 2 Palembang ?.dan apa perbedaan rekrutmen guru di MA Al-Fatah dan Man 2 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan memahami perbedaan rekrutmen guru di MA Al-Fatah Palembang dan rekrutmen guru di MAN 2 Palembang. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer (kepala sekolah, waka kesiswaah, waka kurikulum, guru dan KAUR T.U) dan sumber data sekunder yakni semua tenaga pendidik yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), display data (menyajikan data dalam pola singkat), verification data (menarik kesimpulan sementara) dan triangulasi data (memeriksa keabsahan data dengan metode, sumber dan waktu yang berbeda). Adapun hasil penelitian mengenai “Rekruitmen Guru MA Al-Falah dan MAN 2 di Kota Palembang)”. diperoleh hasil sebagai berikut: MA Al-Fatah Palembang: sudah melaksanakan prinsip-prinsip manajemen rekrutmen tenaga pendidik misalnya dengan membuka rekurtmen secara umum, melalui sistem rekrutmen yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh lembaga. MAN 2 Palembang : rekrutmen tenaga pendidik berdasarkan kebutuhan, tidak membuka rekrutmen secara umum (terbuka) melainkan hanya meneriman rekomendasi dari tenaga pendidik saja, yang diteruskan dengan merekomendasikan langsung pada Kepala Madrasah dengan mempertimbangkan kebutuhan yang ada. Perbedaan rekruitmen tenaga pendidik (guru) di MA Al-Fatah dan MAN 2 secara garis besar terletak pada pelaksanaannya, jika di MA Al-Fatah rekruitmen dilaksanakan setiap ahir semester setelah evaluasi kinerja tenaga pendidik sedangkan di MAN 2 Palembang rekruitmen dilaksanakan secara terbuka namun tetap mempertimbangkan kebutuhan yang ada.. Berdasarkan temuan di atas maka peneliti merekomendasikan beberapa hal : Menjadi bahan masukan bagi Kepala Madrasah serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di lingkungan penelitian ini. Bagi pemerintah yang berwenang khususnya Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama agar hendaknya lebih memperhatikan pemerataan sarana dan prasaran pendidikan yang ada disemua lembaga pendidikan, karena tercapainya pembelajaran yang inovatif tentu saja memerlukan sarana dan prasarana yang menunjang pula.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2016 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 07:12 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 07:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6280 |
Actions (login required)
View Item |