KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH LUQMANUL HAKIM BATUMARTA II OGAN KOMERING ULU

BAMBANG, HARIYANTO (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH LUQMANUL HAKIM BATUMARTA II OGAN KOMERING ULU. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COPER DEPAN DAN DAFTAR ISI TESIS.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH LUQMANUL HAKIM BATUMARTAII OGAN KOMERING ULU Penelitian terhadap kepemimpinan kepala madrasah ini penulis lakukan karena merasa tertarik dengan kinerja pendidik yang ada di Madrasah Aliyah Luqmanul Hakim ini tidak terlepas dari kepemimpinan kepala madrasah yang baik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepemimpinan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Luqmanul Hakim baik secara kepemimpinan, mutu madrasah dan upaya peningkatan mutu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: a) wawancara; b) observasi; dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan data skunder, adapun data primer adalah data yang hanya di peroleh dari sumber asli yang terdiri dari kepala madrasah dan staf pendidik langsung di kumpulkan, sedangkan data sekunder semua bahan data tertulis :buku, artikel dalam jurnal, dokumen yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan yang dilakukan Kepala Madrasah Aliyah Luqmanul Hakim Batumarta II OKU dalam Peningkatkan mutu Pendidikan adalah sebagai berikut, yang pertama mengetahui sosok seorang kepala madrasah, mulai dari kualifikasi, kompetensi, pendidikan, pengalaman kepemimpinannya, kepribadian, cara memimpin, dan gaya kepemimpinan. Yang kedua Keadaan mutu madrasah yaitu,mutu in put madrasah semua bahandan pendukung dalam menjalankan proses. Mutu proses yaitu semua yang berkaitan dengan pelaksanaan dalam kegiatan madrasah. Mutu out put semua hasil dari sebuah in put dan proses baik hasil lulusan berupa prestasi akademik dan non akademik. Yang ketiga Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan oleh kepala madrasah Aliyah Luqmanul Hakim Batumarta II meliputi: yang pertama Merumuskan visi dan misi madrasah, kedua mengadakan rapat awal tahun sebagai langkah awal, ketiga membentuk planing dan program kerja untuk menyusun program dan planig. Keempat pembinaan terhadap hasil kerja. Kelima peningkatan sumberdaya manusia, keenam melakukan monitoring dan evaluasai. Ketujuh Penegakan disiplin, kedelapan pemberian kompensasi/penghargaan lebih (reward). Yang kesembilan Pengintensifan rapat madrasah, Pengefektifan guru piket, Pengikut sertaan guru dalam kegiatan MGMP, workshop, penataran, dan diklat. Kesepuluh Bekerjasama pihak sekolah dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2017
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:31
Last Modified: 11 Feb 2020 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item