ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 38 PAGAR ALAM

WILANDARI, HEPI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PERENCANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 38 PAGAR ALAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Setiap guru berkewajiban menyusun perencanaan pembelajaran secara lengkap dan sistematis. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik di SD N 38 Pagar Alam (2) Mendeskripsikan kendala yang dialami guru di SD N 38 Pagar Alam dalam menyusun RPP Tematik, dan (3) Menganalisis kesesuaian komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD N 38 Pagar Alam. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan tahap kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik uji triangulasi, yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) guru di SD Negeri 38 Pagar Alam telah mampu merancang perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2013 (2) guru-guru di SD Negeri 38 Pagar Alam masih mengalami beberapa kendala dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik berdasarkan Kurikulum 2013. Kendala tersebut berupa kendala internal dan kendala eksternal (3) komponen RPP Tematik yang dibuat oleh guru-guru di SD Negeri 38 Pagar Alam masih ada yang belum sesuai dengan acuan dalam Kurikulum 2013. Hal ini terdapat dalam komponen identitas RPP, indikator pencapaian kompetensi, dan langkah-langkah pembelajaran, serta dalam komponen penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:26
Last Modified: 17 Feb 2020 04:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item