PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN METODE CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI IKHLASIYAH PALEMBANG

UTARI, DESY (2020) PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN METODE CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI IKHLASIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan metode Mind Mapping dan metode Concept Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V dI MI Ikhlasiyah Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA kelas V Yerusalem di MI Ikhlasiyah Palembang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode Concept Mapping pada mata pelajaran IPA kelas V Bosnia di MI Ikhlasiyah Palembang ? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Mind Mapping dan metode Concept Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ikhlasiyah Palembang ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan design true-eksperimental design. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik uji “t”. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas V Yerusalem setelah menerapkan metode Mind Mapping memperolehan nilai rata-rata (mean) yaitu 84%. (2) Hasil belajar siswa kelas V bosnia setelah menerapkan metode Concept Mapping rata-rata (mean) yaitu 80%. (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan setelah diterapkan metode Mind Mapping dan metode Concept Mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ikhlasiyah Palembang. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan interpensi tehadap to lebih kecil dari pada tt. baik dalam taraf signifikan 5 % maupun signifikan taraf 1 % dengan rincian : 2.01 > 1.06 < 2.68.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mind mapping concept mapping hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:32
Last Modified: 17 Feb 2020 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item