MANAJEMEN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

SYAIFUL, AKHYAR (2014) MANAJEMEN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. cover tesis dan lain2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab 1 ok.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab 2 ok.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab 5 ok.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “MANAJEMEN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG” yang dilatar belakangi oleh cukup tingginya minat orangtua untuk memasukan anaknya ke MI Hijriyah II Palembang, jumlah siswanya paling banyak dibandingkan madrasah ibtidaiyah lainnya berdasarkan data rekapitulasi Madrasah Ibtidaiyah tahun pelajaran 2013/2014 yang ada di kementerian Agama kota Palembang, dari 91 Madrasah Ibtidaiyah yang ada dikota Palembang jumlah siswa MI Hijriyah II Palembang terbanyak dibandingkan jumlah siswa MI lainnya. Penelitian tertarik untuk mengadakan penelitian di MI tersebut dengan tujuan untuk Memahami konsep manajemen mutu dari aspek perencanaan dan pengorganisasian yang dilaksanakan di MI Hijriyah II Palembang dan menganalisis komitmen civitas madrasah dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bersifat evaluatif, yang menginterpretasikan data yang dibuat dan disusun secara menyeluruh dan sistematis yang dirancang untuk menjawab pertanyaan, menguji atau membuktikan hipotesis. Penggunaan pendekatan ini sesuai dengan tujuan pokok penelitian, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis mengenai manajemen mutu pendidikan di MI Hijriyah II Palembang. Adapun alat pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian disajikan secara triangulasi dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keberadaan MI Hijriyah II Palembang Pada awalnya berada disalah satu ruangan dibagian bawah mushollah Hijriyah yang dijadikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak yang ada disekitarnya. Lama kelamaan jumlah siswanya semakin bertambah dan dikenal masyarakat sekitarnya dan memberikan dampak positif bagi kemajuan pendidikan terutama bagi pendidikan yang berbasih madrasah yang ada di kota Palembang. kemajuan yang dialami MI Hiriyah II Palembang tentunya berkat kerjasama dari seluruh komponen madrasah dan manajemen yang dilakukan di MI Hijriyah II Palembang baik dari segi perencanaan, pengorganisasian dan komitmen dari seluruh warga madrasah. Berdasarkan temuan diatas penulis merekomendasikan kepada para peneliti lebih lanjut untuk dapat memfokuskan penelitian tentang “implementasi manajemen mutu madrasah menuju pendidikan yang berkualitas melalui total manajemen mutu terpadu”. Juga rekomendasi peneliti kepada pihak madrasah sebagai lembaga pendidikan agar dapat mengembangkan berbagai kreatifitas, keilmuan, dan pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, maka madrasah perlu membentuk forum komunikasi guru madrasah, sehingga kompetensi guru yang ada di madrasah dapat terus ditingkatkan kualitasnya. Kepada pihak terkait terutama Kementerian Agama Propinsi Sumatera Selatan hendaknya dapat lebih berperan aktif dalam memberikan bantuan finansial dan pengawasan terhadap peningkatan mutu madrasah secara merata bagi seluruh madrasah yang ada dan jangan sampai tebang pilih, agar pendidikan yang berbasis Islam akan menjadi primadona dalam masyarakat disebabkan mutunya telah diakui dan dapat dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:20
Last Modified: 18 Feb 2020 04:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item