PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG

NOVITA, ANA (2020) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SISWA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar akan sangat bermakna jika sumber belajar dimanfaatkan dengan suatu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar, jika tidak dimanfaatkan secara benar dan baik, maka suatu lingkungan sekolah, warga sekolah, buku, tempat dan juga berbagai benda-benda yang ada di sekitar sekolah tidak berarti apa apa. Di MI Hijriyah II Palembang, perpustakaan bukan hanya di jadikan tempat meminjam buku tetapi juga dijadikan sebagai tempat belajar bagis siswa.Tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan proses pelayanan perpustkaan sebagai sumber belajar MI Hijriyah II Palembang, (2) mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Hijriyah II Palembang (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan siswa sebagai sumber belajar di MI Hijriyah II Palembang.Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Proses pelayanan perpustakaan yang dilakuakan MI Hijriyah II Palembang dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar ada 4 tahap, yang pertama mengisi buku kunjungan perpustakaan MI Hijriyah II Palembang Semua siswa diwajibkan terlebih dahulu mengisi buku kunjungan yang telah disediakanoleh petugas perpustakaan sebelum masuk keperpustakaan.kedua, setelah mengisi buku kunjungan siswa diperbolehkan untuk masuk kedalam perpustakaan, dan di izinkan membaca maupun meminjam buku. Ketiga siswa harus melapor ke petugas perpustakaan ketika hendak meminjam buku perpustkaan. Keempat apabila siswa terlambat mengembalikan buku atau merusak buku siswa dikenakan sanksi. (2) Pemanfaatan perpustakaan siswa sebagai sumber belajar di MI Hijriyah II Palembang ada dua yaitu dengan adanya pemanfaatan perpustkaan guru selalu menanamkan sikap disiplin dan juga badanya membaca, karena membaca merupakan hal yang penting. (3) Faktor pendukung dan faktor pengahambat dalam pemanfaatan perpustakaan siswa sebagai sumber belajar di MI Hijriyah II Palembang yaitu adanya kerjasama guru dan petugas perpustakaan., adanya jadwal kunjungan perpustakaan, antusias dan semangat guru untuk mengajak siswa belajar di perpustakaan, kerjasama yang baik antar warga sekolah, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya kartu kunjungan siswa untuk pegangan sendiri, Masih ada beberapa buku yang kurang lengkap. Kondisi rungan yang sempit atau tidak terlalu luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan sekolah sumber belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 19 Feb 2020 02:08
Last Modified: 19 Feb 2020 02:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6389

Actions (login required)

View Item View Item