PENERAPAN METODE QUANTUM READING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 1 TANJUNG BATU OGAN ILIR

FITRIANA, DESI (2018) PENERAPAN METODE QUANTUM READING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 1 TANJUNG BATU OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Quantum Reading terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran quantum reading dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode quantum reading. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode quantum reading pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir, bagaimana hasil belajar siswa pada kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir dan Apakah penerapan metode quantum reading dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Tanjung Batu Ogan Ilir sebanyak 187 siswa dan dari populasi tersebut diambil 62 siswa yang dijadikan sampel dan yang menjadi objek dalam penelitian tersebut adalah siswa kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan tipe Post-Test Only Control Design. Dari hasil penelitian ini menunjukkan terdapat adanya perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 79,40 nilai rata-rata kelas eksperimen, dan 65,66 nilai rata-rata untuk kelas kontrol. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan t_hitung = 28,50 sedangkan t_tabel = 2,00. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel yaitu (28,50 > 2,00). Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: quantum reading hasil belajar pendidikan agama islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:08
Last Modified: 20 Feb 2020 03:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item