PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS STRUCTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IX DI MTs NURUL FAJRI TAMBANGAN KELEKAR MUARA ENIM

ONDIANA, ONDIANA (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS STRUCTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IX DI MTs NURUL FAJRI TAMBANGAN KELEKAR MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB V Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran siswa belum aktif dalam berdiskusi, mengemukakan pendapat, bertanya, sebagian siswa ribut di dalam kelas, rendahnya nilai hasil belajar siswa, dan guru belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran. Numbered Heads structure salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif dengan sintaksnya guru memberi arahan, buat kelompok secara heterogen dan setiap siswa memiliki nomor tertentu, guru memberikan persoalan atau materi yang akan dipelajari (untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja kelompok, lalu setiap kelompok mempresentasikan dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Numbered Heads Structure dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTS Tambangan Kelekar Muara Enim. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa MTS Tambangan Kelekar Muara Enim sebagai objek penelitian. Jenis penelitian menggunakan penelitian Eksperimen. Design penelitian menggunakan rancangan Pre-Eksperimen design dalam bentuk two group post test only design. Jenis data menggunakan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX di MTS Tambangan Kelekar Muara Enim. Sampel yang digunakan kelas IX A (Eksperimen), dan kelas IX B (Kontrol). Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan tekhnik analisis datanya menggunakan uji T. Hasil penelitian memperoleh hasil : Pengaruh penerapan model Numbered Heads Structure dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih di MTS Tambangan Kelekar Muara Enim. Model Numbered Heads Structure berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTS Tambangan Kelekar Muara Enim. Hal ini dilihat dari analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus uji –t yaitu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: numbered heads structure hasil belajar fiqih kelas ix
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:53
Last Modified: 20 Feb 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6417

Actions (login required)

View Item View Item