ETI, MARLINA (2013) PERANAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KECAMATAN RAMBUTAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
lampiran depan tesis revisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 (5).pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 (8).pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “PERANAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KECAMATAN RAMBUTAN”. Latar belakang pemilihan judul ini di dasarkan pada kajian empiris dan teoritis, bahwa guru yang profesional tidak lepas dari peran pengawas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai seorang pengawas. oleh sebab itu peranan pengawas sangat di butuhkan dalam meningkatkan profesionlaisme guru PAI. Penelitian ini dilatar belakagi oleh suatu masalah yaitu pertama, bagaimana peranan pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP kecamatan Rambutan; yang kedua, apakah faktor penghambat dan pendukung paran pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP kecamatan Rambutan. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui peranan pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP Kecamatan Rambutan. Kedua, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung peranan pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP Kecamatan Rambutan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitaftif dengan menggunakan : Pertama, metode observasi digunakan untuk mengetahui peranan pengawas dalam dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP Kecamatan Rambutan dan faktor penghambat dan pendukungnya. Kedua, teknik wawancara digunakan untuk menggali data-data dari peranan pengawas dan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP Kecamatan Rambutan. Ketiga, metode dokumentasi digunakan untuk melihat dokumen-dokumen seperti perencanaan supervisi, laporan supervisi, silabus, RPP PAI, serta data-data pendukung seperti jumlah siswa, jumlah guru, sarana dan prasarana yang ada serta data-data lain yang dianggap perlu oleh peneliti yang berhubungan dengan penelitian. Pengawas mempunyai peranan dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kecamatan Rambutan yaitu: Pertama, sebagai coordinator, seperti mengkoordinir program pembelajaran (program tahunan, program semester, pembuatan RPP dan program ekstrakurikuler). Kedua, sebagai konsultan, seperti menguasai kurikulum dan metodologi pembelajaran. Ketiga, sebagai pemimpin seperti mengarah dan membimbing guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Keempat, sebagai evaluator, seperti melihat keberhasilan guru dalam mencapai kompetensi. Dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru PAI di SMP Kecamatan Rambutan mempunyai dua faktor yang mempengaruhi : Pertama, faktor penghambat yang lebih dominan yaitu salah pessepsi guru terhadap supervisi, media dan sarana, waktu suprvisi yang sangat minim, kurikulum yang berubah-ubah, terbatasnya workshop kepengawasan, lokasi sekolah yang berjauhan, tidak ada kendaraan dinas. kedua faktor pendukung, seperti pengawasan kepala sekolah, kesiapan siswa dalam belajar, pengalaman mengajar guru PAI, keadaan kesehatan guru, kedisiplinan kerja di sekolah, sumber daya guru guru meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 06:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 06:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6421 |
Actions (login required)
View Item |