PERAN PENGAWASDALAMMENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 3 PALEMBANG

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2014) PERAN PENGAWASDALAMMENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 3 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan Tesis (1).pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (3).pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (7).pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Peran pengawas dalam penelitian ini adalah serangkaian kegiatan yang terencana yang dilakukan oleh pengawas guna membantu atau membimbing guru dalam mengembangkan kemampuannya untuk merencanakan, melaksanakan kegiatan, dan mengadministrasikan kegiatan kelas dalam pengelolaan proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pengajaran yang dilakukan pengawas secara sistematis dalam rangka meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Palembang. Untuk melihat pelaksanaan tersebut, maka penelitian ini akan mengangkat judul “Peran pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang” Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana peran perencanaan dan pelaksanaan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang dan apakah faktor-faktor yang berperan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peran perencanaan dan pelaksanaan pengawasdalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang dan faktor-faktor yang berperan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Data kualitatif diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi tentang peran perencanaan dan pelaksanaan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Palembang dan apakah faktor-faktor yang berperan.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran perencanaan dan pelaksanaanpengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Palembang yaitu: Pertama,peran pengawas PAI sebagai coordinator sudah memiliki program supervisi yang berkaitan dengan supervisi akademik yang bersifat komprehensif, kooferatif dan fleksibel,meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut. Kedua, peran pengawas sebagai konsultan adalah pengawas sudah memiliki kemampuan sebagai spesialis dalam masalah kurikulum, metodelogi pembelajaran dan pengembangan staf yang dapat membantu guru baik secara individual maupun secara kelompok.Ketiga, pengawas sebagai pemimpin adalah pengawas PAI dalam kepemimpinan mempunyai peranan baik di SMP Negeri 3 Palembang, seperti melaksanakan bimbingan kepada guru PAI, memberikan arahan, memberian perintah ketika ada tugas yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru PAI, pemberian motivasi (dorongan) dan pemberian teladan yang baik dalam segala tindakan yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 3 Palembang dan, Keempat, pengawas sebagai evaluator dalam hal ini pengawas PAI sudah melakukan evaluasi terhadap guru PAI sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, karena pengawasan PAI menilai dari segi akademik saja. Faktor-faktor yang berperan dalam perencanaan dan pelaksanakaan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru PAI adalahkepengawasan kepala sekolah, sarana dan prasarana, kesiapan siswa dalam belajar, pengalaman mengajar guru PAI, kedisiplinan kerja di sekolah, sumber daya manusia (SDM) dan waktu supervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:06
Last Modified: 20 Feb 2020 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6424

Actions (login required)

View Item View Item