IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 PALEMBANG

DAILAH, SOLIHIN (2014) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Dailah.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Abstrak Judul Tesis IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 PALEMBANG Tantangan yang serius dalam pembangunan pendidikan nasional saat ini terletak pada rendahnya mutu dan relevansi pendidikan. Pendidikan tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dari seorang guru kepada peserta didik, tetapi dipandang sebagai investasi jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Oleh sebab itu perlu adanya manajemen sekolah yang lebih baik untuk dilaksanakan sehingga program-program sekolah yang telah direncanakan dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dibutuhkan manajemen mutu yang dilaksanakan secara terpadu dari pusat sampai daerah, dari tingkat pendidikan yang paliing tinggi sampai pada tingkat pendidikan yang paling rendah. Dalam upaya mengatasi permasalahan peningkatan mutu pendidikan pada umumnya, kebijakan pembangunan pendidikan perlu menitik beratkan pada upaya menciptakan pendidikan yang bermutu baik dari segi input, proses, maupun output. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen mutu Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, serta faktor penghambat dan pendukung implementasi manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palembang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa Implementasi manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palembang diwujudkan dengan pelaksanaan prosedur administrasi yang meliputi: manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen personal sekolah, manajemen keuangan, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat, serta manajemen layanan khusus. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palembang diwujudkan dengan pelaksanaan berbagai kegiatan yakni perencanaan program, pengorganisasian program, pengarahan program, pengendalian program, pengelolaan program, dan pengawasan program, Faktor penghambat dan pendukung implementasi manajemen mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palembang, antara lain: Faktor Penghambat, meliputi: Faktor insani yang meliputi kompetensi kepala sekolah, dan kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. Faktor non insani yang meliputi sarana dan prasarana, dan produktivitas kerja. Sedangkan Faktor Pendukung, di antaranya: Kompetensi guru, maksudnya guru memiliki kemampuan mengelola dan melaksanakan serta mengembangkan program sekolah secara dinamis, serta Transparansi manajemen sekolah, maksudnya adanya keterbukaan dalam manajemen sekolah, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari program sekolah yang telah direncanakan pelaksanaannya. Produktivitas sekolah, maksudnya sekolah secara produktif melaksanakan pembelajaran untuk membentuk mutu dari pendidikan yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:34
Last Modified: 20 Feb 2020 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item