STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG

AGUSTINA, AMELIA (2020) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Di SMP Negeri 40 Palembang, memiliki latarbelakang pendidikan yag berbeda. Terdiri dari siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan siswa lulusan Sekolah Dasar (SD). Di dalam sekolah terkhususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara SD dan MI terdapat perbedaan-perbedaan. yaitu pada alokasi waktu dan materi keagamaannya. Adanya perbedaan latarbelakang pendidikan ini tentu akan memberikan dukungan dan hambatan yang berbeda pula. Peneliti ingin membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI dan SD dengan judul “Studi Komparatif Kemampuan Membaca Al-Qur’an Berdasarkan Latarbelakang Pendidikan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 40 Palembang” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusam MI dan siswa lulusan SD di SMP Negeri 40 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 40 Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 336 siswa yang terbagi dari 20 siswa lulusan MI dan 316 siswa lulusan SD. Populasi tersebut diambil sampel sebesar 20 orang siswa lulusan MI dan 20 siswa lulusan SD. Tekhnik pengambilan sampel untuk lulusan MI yaitu dengan tekhnik penelitian populasi sedangkan untuk siswa lulusan SD menggunakan teknik sample random sampling. Dan untuk teknik analisis data menggunakan rumus uji “t”. Hipotesis diperoleh Karna t0 didapatkan dengan perolehan 3,01 kemudian untuk tt = 2,02 serta 2,70, untuk itu t0 dikatakan lebih besar dibandingkan tt, Maupun dari 5% ataupu 1%, dengan hasil : 2,02 < 3,01 > 2,70. Sehingga bisa disimpulkan terdapat sebuah perbedaan yang signifikan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa antara lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan lulusan Sekolah Dasar (SD) pada kelas VIII di SMP Negeri 40 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca al-qur’an latar belakang pendidikan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:28
Last Modified: 21 Feb 2020 07:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6439

Actions (login required)

View Item View Item