PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPRITUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS YPNH TANAG ABANG KABUPATEN PALI

SURYANI, PENTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP SPRITUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS YPNH TANAG ABANG KABUPATEN PALI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Rendahnya sikap spiritual siswa seperti: masih kurangnya kesadaran siswa untuk menjaga lingkungan sekolah, masih ada hubungan kurang harmonis antar sesama siswa, masih ada siswa yang berbicara atau ribut saat belajar dikelas, dan kurangnya kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konsiderasi dalam meningkatkan sikap spiritual siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs YPNH Tanah Abang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Two-group PostTest-Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelass VII di MTs YPNH Tanah Abang dan sampel yang diambil sebanyak 64 siswa.Sumber data yang digunakan yaitu: data primer dan data sekunder. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap spiritual siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran konsiderasi tergolong kategori sedang yaitu dengan nilai rata-rata 71,,75, maksud sedang di sini dalam pencapaian indikator sikap spiritual belum tercapai sesuai yang diharapkan. Sedangkan sikap spiritual siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konsional tergolong rendah yaitu dengan nilai rata-rata 62,25, maksudnya rendah di sini dalam pencapaian indikator sikap spiritual tidak tercapai dengan maksimal sesuai yang diharapkan. Berdsarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji t dapat diketahui bahwa pada taraf 5% maupun pada taraf 1% t hitung > t tabel yaitu t hitung 4,54 dan t tabel 1,99 (taraf 5%) dan 2,65 (taraf 1%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menunjukkanbahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap spiritual siswa kelas eksperimen dengan sikap spiritual siswa pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konsiderasi sikap spritual akidah akhlak
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:23
Last Modified: 24 Feb 2020 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item