PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SUBULUSSALAM 01 SRIWANGI KABUPATEN OKU TIMUR

FU’ADAH, ELMA (2019) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SUBULUSSALAM 01 SRIWANGI KABUPATEN OKU TIMUR. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Kitab suci Al-Qur’an merupakan kalamullah yang tidak ada kesalahan ataupun keragu-raguan di dalamnya, oleh karena itu sangat wajar apabila sesuatu yang tanpa kesalahan tersebut dijadikan sebagai pedoman hidup. Dalam proses belajar mengajar di madrasah, siswa perlu memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang baik dan benar agar dapat mengikuti materi-materi agama dengan baik. Selain itu, siswa juga perlu memiliki kemampuan membaca al-Qur’an untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti tes masuk ke jenjang berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk desain pembelajaran. Produk penelitian ini berupa program pembelajaran membaca al-Qur’an bagi siswa kelas VII A MTs Subulussalam 01 Sriwangi OKU Timur. Selain untuk mengembangkan produk,penelitian dan pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan produk tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R and D) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall yang dijelaskan dalam Sugiyono dengan 10 langkah. Namun dalam pelaksanaannya, ada langkah-langkah yang tidak digunakan oleh peneliti karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Sehingga langkah penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) ujicoba produk.Validasi desain dilakukan dengan validasi ahli, yaitu ahli materi dan ahli desain pembelajaran.Ujicoba produk dilakukan kepada enam siswa yang diambil dari siswa kelas VII A dengan gradasi kemampuan membaca Al-Qur’an tinggi, sedang, dan rendah.Ujicoba produk dalam penelitian ini menggunakan teknik ujicoba small group yang dilakukan untuk mengetahui keefektifan produk. Validasi keefektifan dilakukan oleh guru yang terlibat dan 6 siswa yang telah mengikuti proses ujicoba produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah; pertama, menghasilkan produk desain pembelajaran berupa program pembelajaran membaca al-Qur’an bagi siswa MTs Subulussalam 1 Sriwangi.Ke dua, hasil validasi ahli materi dengan persentase 83,33% yang dinyatakan layak, dan hasil validasi ahli desain pembelajaran dengan persentase 93,33% yang dinyatakan sangat layak digunakan. Ke tiga, hasil validasi keefektifan dari pengembangan program pembelajaran membaca Al-Qur’an, bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan pengambilan keputusan dari Paired Sample t-Test dari nilai signifikan 0,013 < 0,05

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan program pembelajaran membaca al-qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 28 Feb 2020 07:26
Last Modified: 28 Feb 2020 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item View Item