PERAN KOMUNITAS IDE ID DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN ANAK DI TANGGA BUNTUNG KOTA PALEMBANG

MAIWASESA, SINDIA (2020) PERAN KOMUNITAS IDE ID DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN ANAK DI TANGGA BUNTUNG KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Komunitas dapat berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah fakta bahwa tidak semua komunitas membawa dampak negatif, menggangu, dan dibentuk tanpa memberi manfaat dan dampak besar untuk masyarakat sebagaimana pandangan masyarakat pada umumnya. Justru, komunitas dapat berperan memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu, memfasilitasi anak-anak dengan cara memberikan bimbingan belajar al-Qur’an yang penuh keramah tamahan, kepedulian, dan kasih sayang terhadap anak-anak, dan memberikan bimbingan akhlak melalui berbagai kegiatan yang mendidik sehingga memotivasi anak-anak untuk antusias dalam belajar al-Qur’an. Jenis penelitian yang akan digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua komunitas, wakil ketua komunitas, ketua divisi pendidikan dan pengajar komunitas Ide ID, ketua RW dan orangtua anak di Tangga Buntung Kota Palembang dengan menggunakan strategi prosedur purposif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data yang diperolah direduksi kemudian disajikan dan diverifikasi, selanjutnya dilakukan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa komunitas berperan dengan baik dalam memotivasi belajar al-Qur’an anak. Peran tersebut; pertama, membentuk suasana belajar yang membuat anak merasa nyaman dan selalu dihargai dengan cara menjalin keakraban yang erat, melakukan pendekatan dan menjalin komunikasi yang baik, serta memberikan perhatian kepada anak. Kedua, membuat dan menjalankan program KBM yang dapat memotivasi belajar al-Qur’an anak, meliputi; pemberian materi yang dibutuhkan anak, menggunakan metode dan strategi pembelajaran menarik yang mendorong dan mengembalikan semangat anak untuk belajar, dan selalu memberikan apreasiasi. Ketiga, mengikutisertakan peran orangtua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran komunitas motivasi belajar al-qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:00
Last Modified: 06 Mar 2020 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6605

Actions (login required)

View Item View Item