PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI MTS AL-MARHAMAH DESA NGULAK KECAMATAN SANGA DESA MUSI BANYUASIN

DAISYA, ATRI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI MTS AL-MARHAMAH DESA NGULAK KECAMATAN SANGA DESA MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII di MTs AL-Marhamah Ngulak Kecamatan Sanga Desa Musi Banyuasin.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu banyak siswa yang tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapinya contohnya tidak berani berbicara dengan baik pada temannya sehingga merasa tidak percaya diri, dan tidak dapat berinteraksi dengan baik. Ada pula, siswa yang suka mengganggu temannya di kelas contohnya, menggoyang-goyangkan kursi temannya yang sedang menulis, melempari kertas ke tubuh temannya yang sedang belajar. Ada beberapa siswa yang tidak memiliki kesempatan untuk menemukan solusi mengatasi masalahnya, serta meminta pendapat dengan guru atau temannya. Sedangkan, banyak siswa yang dianggap mampu membantu menyelesaikan masalah temannya, namun sikapnya tidak bersimpati pada masalah yang dihadapi temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa, proses pembelajaran aqidah akhlak menggunakan model pembelajaran problem solving dan pengaruh model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kecerdasan interpersonal siswa di MTs AL-Marhamah Ngulak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan metode kuantiatif. Variabel yang diteliti adalah model pembelajaran problem solving dan kecerdasan interpersonal siswa. Populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs AlMarhamah Ngulak berjumlah 107 orang. Dari populasi sampel diambil berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kecerdasan interpersonal siswa di MTs AL-Marhamah Ngulak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model problem solving kecerdasan interpersonal siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:54
Last Modified: 06 Mar 2020 03:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item