KREATIVITASGURUDALAMMENGELOLAKELASPADATEMA4 KELASIVDIMIMAHADISLAMYPALEMBANG

PRISILIA, MONICA (2020) KREATIVITASGURUDALAMMENGELOLAKELASPADATEMA4 KELASIVDIMIMAHADISLAMYPALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengelola kelas pada tema 4. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana kreativitas guru dalam mengelola kelas pada tema 4 kelas IV di Madrasah Ibtidayah Mahad Islamy Palembang? (2) Bagaimana cara guru untuk meningkatkan kreativitas dalam mengelola kelas pada tema 4 kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang? (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas pada tema 4 kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang pada kelas IV dalam mengelola kelas pada tema 4 sudah menerapkan berbagai bentuk pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang menjadi pedoman saat proses pembelajaran untuk mencapai tujuan dan dilihat saat proses pembelajaran berlangsung guru sudah sangat baik mengelola kelas. (2) Cara guru untuk meningkatkan kreativitas dalam mengelola kelas pada tema 4 memahami peserta didik secara mendalam, merancang pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang kelas IV guru juga menggunakan cara dengan menerapkan prosedur kelas seperti penataan ruangan, disiplin waktu, bersemangat dalam pembelajaran, membuat siswa agar tidak mudah jenuh dalam pembelajaran, mengajak siswa bermain sambil belajar, menggunakan berbagai metode dengan tujuan membuat antusias semangat siswa dalam pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang yaitu faktor pendukungnya kurikulum dan sarana prasana. Sedangkan faktor penghambatnya adalahgurudansiswadalamprosespembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kreativitas mengelolakelas tema4.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:04
Last Modified: 11 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6660

Actions (login required)

View Item View Item