HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 03 PENGARAYAN KECAMATAN TANJUNG LUBUK OGAN KOMERING ILIR

GUSMIARNI, ARNI (2020) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SD NEGERI 03 PENGARAYAN KECAMATAN TANJUNG LUBUK OGAN KOMERING ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kreativitas merupakan kemampuan untuk melihat atau memikirkan hal-hal yang luar biasa, yang tidak lazim, memadukan informasi yang tampaknya tidak berhubungan dan mencetuskan solusi-solusi baru atau gagasangagasan baru yang menunjukkan kelancaran, kelenturan, orisinalitas dan elaborasi dalam berpikir. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 3 Pengarayan Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi guru masih kurang, khususnya kompetensi pedagogik guru. Maka penelitian ini berjudul “Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri 3 Pengarayan Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir”, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru, tingkat kreativitas siswa kelas III B dan hubungan antara kompetensi pedagogik dengan kreativitas siswa kelas III SD Negeri 3 Pengarayan Kecamatan Tanjung Lubuk Ogan Komering Ilir. Kompetensi pedagogik guru di ukur berdasarkan indikator: (1) kemampuan mengelola pembelajaran, (2) pemahaman peserta didik, (3) perencanaan pembelajaran, (4) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, (5) evaluasi belajar dan (6) pengembangan peserta didik. Dan kreativitas di ukur berdasarkan indikator: (1) rajin ingin yang tinggi, (2) berpikir fleksibel, (3) imajinatif dan (4) tekun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 41 siswa dan sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa skala rikert, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan uji validitas yang digunakan adalah validitas isi dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 16. Analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh r hitung = 0,861 > r tabel = 0,444, jadi antara kompetensi pedagogik guru dengan kreativitas siswa SD Negeri 3 Pengarayan terdapat hubungan yang termasuk dalam kategori kuat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru Kreativitas Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:04
Last Modified: 11 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6662

Actions (login required)

View Item View Item