ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ADABIYAH I PALEMBANG

LUVIYANI, INDAH (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ADABIYAH I PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
a. BAB I skripsweet (CD).pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. BAB V skripsweet CD.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di MI Adabiyah I Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui kesulitan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran tematik di MI Adabiyah I Palembang. Kedua mengetahui kesulitan guru dalam menyiapkan media dalam pembelajaran tematik. Ketiga mengetahui kesulitan guru dalam memvariasikan metode dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif kualitatif. Menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menurut Miles dan Huberman dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran tematik adalah membuat indikator pencapaian kompetensi, mengembangkan materi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran dan membuat instrument penilaian. Sedangkan kesulitan dalam menyiapkan media pembelajaran pada pembelajaran tematik, yaitu terbatasnya waktu, sarana dan prasarana sekolah yang kurang menunjang dan biaya untuk menyiapkan media pada pembelajaran tematik. Selanjutnya yang menjadi kesulitan guru dalam memvariasikan metode pada pembelajaran tematik ada dua sisi kesulitan guru, yaitu dari guru sendiri dan siswa, kesulitan dari guru yaitu terbatasnya pemahaman guru dalam berbagai metode dalam pembelajaran tematik. Sedangkan dari sisi siswanya yaitu dari daya nalar anak yang kurang mampu merealisasikan kegiatan metode pembelajaran pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Guru Pembelajaran Tematik.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:06
Last Modified: 11 Mar 2020 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item