PENERAPAN STRATEGI MNEMONIC AKRONIM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MATERI SHALAT KELAS VII DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG

ZAENAH, SITI (2020) PENERAPAN STRATEGI MNEMONIC AKRONIM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH MATERI SHALAT KELAS VII DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Ketika proses belajar mengajar pendidik cenderung menyampaikan bahan ajar hanya menyentuh memori jangka pendek saja. Dalam proses belajar mengajar siswa mengalami kesulitan dalam menghafal dan mengingat materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, itu bisa dillihat dari proses evaluasi pembelajaran berapa banyak murid dalam menjawab soal atau pertanyaan dengan benar, itu karena murid belum menemukan strategi belajar yang tepat. Mnemonic akronim adalah strategi yang memudahkan siswa dalam memahami materi, serta memudahkan siswa dalam menghafal atau mengingat, dengan cara menyingkat set atau daftar kata-kata pada. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana daya ingat siswa yang diterapkan strategi mnemonic akronim pada mata pelajaran fiqh materi shalat kelas VII di MTs Aisyiyah I Palembang? Bagaimana daya ingat siswa tidak diterapkan strategi mnemonic akronim pada mata pelajaran fiqh materi shalat kelas VII di MTs Aisyiyah I Palembang? Apakah ada perbedaan antara hasil daya ingat yang menerapkan strategi mnemonic akronim dengan hasil daya ingat siswa yang tidak menerapkan startegi mnemonic akronim pada mata fiqh materi shalat kelas VII di MTs Aisyiyah I Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunkan Design Twogroup Post-Test-Only Design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif, serta menggunakan sumber data primer (siswa, guru, dan kepala sekolah) dan sekunder (buku-buku dan semua aspek yang menunjang aspek penelitian). Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol, dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menguji kebenaran hipotesis data yang telah diperoleh dari hasil post test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi mnemonic akronim dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqh materi shalat kelas VII di MTs Aisyiyah I Palembang, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil daya ingat siswa yang menerapkan strategi mnemonic akronim dengan hasil daya ingat siswa yang tidak menerapkan strategi mnemonic akronim. Hal ini terbukti setelah diketahui thitung adalah 3,874, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,000 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,660. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung ≥ ttabel atau 2,000  3,874 ≥ 2,660. Oleh karena itu hipotesis Ha di terima dan Ho nya ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil daya ingat siswa yang diterapkan strategi mnemonic akronim dengan siswa yang tidak diterapkan strategi mnemonic akronim pada mata pelajaran fiqh materi shalat kelas VII di MTs Aisyiyah I Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI MNEMONIC AKRONIM
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:07
Last Modified: 11 Mar 2020 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6685

Actions (login required)

View Item View Item