STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

SARI, NOVITA (2020) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2.BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk melancarkan pemasaran jasa pendidikan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yakni sekolah mampu merencanakan strategi yang tepat untuk meninjau pasar dan kebutuhan pelanggan jasa pendidikan. Dalam melakukan strategi pemasaran maka dibutuhkan adanya promosi. Pada kenyataannya tidak memiliki panitia struktur yang khusus untuk menangani kegiatan atau program pemasaran sekolah, masalah lain muncul adalah sekolah belum memiliki anggaran yang cukup untuk kebutuhan pelaksanaan programprogram pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, desainnya studi kasus dan informan kunci yaitu wakil kepala sekolah bidang humas dengan informan pendukung kepala sekolah dan wali murid. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang meliputi kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam analisis lingkungan internal yang perlu dipertimbangkan adalah produk yang bermutu serta pelayanan pembelajaran yang efektif. lingkungan internal dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang sudah baik, itu dapat dilihat dari lokasi yang strategis serta lingkungan sekolah yang bersih rapi, program serta pelayanan pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, harga yang kompetitif, kegiatan promosi yang gencar serta alat promosi yang tepat, sarana dan prasarana yang lengkap. (2) lingkungan eksternal dalam strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di SMP Muhammadiyah 4 Palembang sudah baik, itu dapat dilihat dari segi program sekolah yang disusun dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan media komunikasi yang digunakan. (3) faktor yang mendukung strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Muhammadiyah 4 Palembang adalah sarana dan prasarana, tenaga pendidik, anak didik. faktor penghambat dalam kegiatan strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP Mumammadiyah 4 Palembang adalah masih ada tenaga pendidik dan kependidikan yang kompetensi kepribadiannya kurang baik dari sikap dan komunikasinya, dana atau biaya, persaingan antar sekolah serta gedung yang masih menyatu dengan SMA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan dapat disimpulkan bahwa prosedur strategi pemasaran jasa pendidikan yang baik telah dilaksanakan di SMP MUHAMMADIYAH 4 Palembang. Faktor yang mendukungnya adalah sarana dan prasarana, tenaga pendidik, anak didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ada tenaga pendidik dan kependidikan yang kompetensi kepribadiannya kurang baik dari sikap dan komunikasinya, dana atau biaya, persaingan antar sekolah serta gedung yang masih menyatu dengan SMA. Dengan demikian sekolah Pihak internal sekolah agar lebih dikhususkan untuk melakukan strategi pemasaran agar lebih fokus dalam melakukan tugasnya. Media spanduk yang dibuat SMP Muhammadiyah 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemasaran jasa pendidikan dapat disimpulkan bahwa prosedur strategi pemasaran jasa pendidikan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:08
Last Modified: 11 Mar 2020 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item