HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2017 PRODI PAI DI FITK-UIN RADEN FATAH PALEMBANG

DESMARINI, DESMARINI (2020) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2017 PRODI PAI DI FITK-UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Perkembanganremaja akan berangsur-angsur melepaskan diri dari ketergantungan pada orang tua atau orang dewasa lainnya dalam banyak hal. tugas perkembangan remaja adalah mencapai kemandirian. Dengan kemandirian, remaja harus belajar dan berlatih dalam membuat rencana, memilih alternatif, membuat keputusan, bertindak sesuai dengan hal ini dibiarkan terus menerus tentu akan berdampak negatif bagi kehidupan siswa pada saat ini dan masa yang akan datang. Adanya sikap mandiri pada mahasiswa maka akan mencapai tujuan belajar sesuai dengan yang diharapkan dan dengan adanya kemandirian belajar yang tinggi maka akan diikuti pula dengan prestasi belajar yang tinggi belajar mandiri mahasiswa dituntut untuk mampu mandiri. Judul penelitian ini adalah “Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa angkatan 2017 Prodi PAI di FITK-UIN Raden Fatah Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini,yaitu:1) Bagaimana Kemandirian Belajar Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi PAI di FITK-UIN Raden Fatah Palembang?, 2)Bagaimana Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2017 Prodi PAI di FITK-UIN Raden fatah Palembang?, 3)Adakah Hubungan kemandirian belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar angkatan 2017 Prodi PAI di FITK UIN Raden Fatah Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampelnya berjumlah 45 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampling purpose, Tekhnik mengambil sampel dengan tidak berdasarkan random, daerah atau strata, melainkan berdasrkan atas adanya pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus product moment untuk sampel besar yang saling berpengaruh. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar (X) denganprestasi belajar (Y) mahasiswa angkatan 2017 Prodi PAI di FITK-UIN Raden Fatah Palembang, yang dibuktikan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,30sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel0,39. Ternyata rxy atau ro(yang besarnya 0,98 dan 0,39). lebih besar dari pada rtabel maka Hipotesis Nol ditolak berarti terdapat korelasi positif signikan antara variabel X dan variabel Y (Ha) diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2017 prodi PAI di FITK-UIN Raden Fatah Palembang, sedangkan hipotesis nihil(Ho) di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:19
Last Modified: 13 Mar 2020 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6722

Actions (login required)

View Item View Item