UMAMI, HEFFI RISA (2020) PERAN SERTIFIKASI GURU HONORER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI MI ADABIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Peran Sertifikasi Guru Honorer Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kinerja Guru Di MI Adabiyah 1 Palembang. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana peran sertifikasi guru honorer dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru di MI Adabiyah 1 Palembang? (2) Apakah ada perbedaan profesionalitas kinerja antara guru honorer yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi dan usaha yang dilakukan di MI Adabiyah 1 Palembang dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah program serrtifikasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependality, konfirmability. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan : (1) peran sertifikasi guru honorer dalam meningkatkan profesionalitas kinerja guru di MI Adabiyah 1 Palembang ini diantaranya dapat meningkatkan guru sebagai agen pembelajaran, dapat menjadikan guru lebih disiplin, dapat meningkatkan proses dan mutu pendidikan, dapat menjadikan guru lebih bermartabat. (2) perbedaan profesionalitas kinerja antara guru honorer yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi diantaranya guru yang sudah sertifikasi ini cara mengajarnya sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan guru yang belum sertifikasi, Guru yang sudah sertifikasi lebih menguasai materi pendidikan dibandingan guru yang belum sertifiakasi. (3) kendala yang dihadapi dan usaha yang dilakukan di MI Adabiyah 1 Palembang yaitu kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas diri, rendahnya kepatuhan guru terhadap norma dan etika guru keguruan, berprofesi lain selain menjadi guru untuk mendapatkan uang tambahan, usaha yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala tersebut diantaranya Guru memotivasi dirinya untuk dapat meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang guru, guru patuh dan taat pada norma dan etika profesi keguruan, guru yang mempunyai profesi lain harus tetap biasa membagi waktu untuk belajar agar meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sertifikasi perbedaan profesionalitas kendal dan usaha profesionalitas |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 04:52 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 04:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6745 |
Actions (login required)
View Item |