PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 75 PALEMBANG

WULANDARI, FITRI (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 75 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan sesorang dalam menggabungkan ide atau konsep yang telah ada sebelumnya dengan konsep yang baru sehingga menghasilkan gagasan yang baru. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang terjadi kurang menumbuhkan kreativitas belajar siswa, rendahnya motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan guru mata pelajaran tematik monoton atau kurang variatif dan memacu kreativitas siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dengan menerapkan metode mind mapping dan dengan tidak menerapkan metode mind mapping serta adakah pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan melakukan desain kelompok eksperimen yang dipilih secara random yaitu Postest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabelitas data. Teknik analisis data menggunakan teknik uji “t”. Hasil penelitian ini telah menemukan efek utama (main effecti) bahwa secara keseluruhan dengan memperhatikan variabel kreativitas belajar siswa yang mengikuti metode mind mapping lebih baik daripada siswa mengikuti metode pembelajaran konvensional (ceramah). Penggunaan metode mind mapping dapat membantu kreativitas belajar siswa, mengaktifkan siswa, membangun kerja sama antar siswa, memberikan kesempatan kepada siswa mengungkapkan ide, siswa dapat lebih mudah memahami suatu permasalahan. Dengan demikian metode mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 materi IPA di SD Negeri 75 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh metode mind mapping kreativitas belajar pembelajaran tematik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Mar 2020 05:11
Last Modified: 16 Mar 2020 05:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6746

Actions (login required)

View Item View Item