PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG

PUTRA, AIDIL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1_BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB V.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Patra Mandiri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII yang ada di SMP Patra Mandiri 1 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 83 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan penyampelan klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray(TS-TS) dan kelas kontrol dengan model ceramah pada materi Aritmatika Sosial. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh, t_hitung= 1,6985 dan dengan α = 0,05 diperoleh t_tabel = 1,6735 yang berarti t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 1,6985>1,6735. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat pengaruh positif penggunaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran two stay two stray (ts-ts) hasil belajar matematika aritmatika sosial
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Mar 2020 03:12
Last Modified: 18 Mar 2020 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item