PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SUKARAYA KECAMATAN STL.ULU TERAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS

HAJRIYANTI, SANTI (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SUKARAYA KECAMATAN STL.ULU TERAWAS KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan salah satu faktor yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar pada siswa yaitu faktor eksternal, seperti penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang keliru, yang dapat membuat siswa menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat berpegaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan strategi firing line di SMP N Sukaraya, untuk mengetahui pemahaman Pendidikan Agama Islam tanpa penerapan strategi firing line di SMP N Sukaraya dan apakah ada pengaruh penerapan metode strategi firing line terhadap pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMP N Sukaraya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan jumlah populasi 50 siswa dari 2 kelas dan sampel berjumlah 25siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini diperoleh : 1) pemahaman siswa PAI siswa kelas eksperimen masuk kategori tinggi terdapat 5 orang siswa (20%), untuk pemahaman siswa PAI siswa kategori sedang sebanyak 13 orang siswa (52%) dan pemahaman siswa PAI kategori rendah terdapat 7 orang (28%). 2) Pemahaman siswa kelas kontrol kategori tinggi terdapat 3 orang siswa (12%), untuk pemahaman siswa PAI kategori sedang sebanyak 19 orang siswa (76%) dan pemahaman siswa PAI kategori rendah terdapat 3 orang (12%). 3) Ada pengaruh penerapan strategi firing line terhadap pemahaman siswa Pendidikan Agama Islam di SMP N Sukaraya dilihat dari nilai uji t yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel yaitu thitung = 3,89 dan ttabel = 2,40 dengan taraf signifikan 1% sehingga hasil uji t menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi firing line pendidikan agama islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:40
Last Modified: 17 Jun 2020 03:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item