STRATEGI QUANTUM QUOTIENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD N 16 GELUMBANG

RINALIA, RINALIA (2020) STRATEGI QUANTUM QUOTIENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD N 16 GELUMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Seorang guru harus pandai-pandai menentukan strategi pembelajaran yang cocok dan sesuai untuk digunakan dalam mengajar, sehingga dengan adanya strategi tersebut siswa akan lebih termotivasi dalam belajar dan hasil belajar siswa dapat meningkat namun, dalam pelaksanaanya guru yang mengajar pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD N 16 Gelumbang masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran yang terjadi hanya berlangsung satu arah yaitu hanya berpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa menjadi jenuh dalam proses pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta belum maksimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 16 Gelumbang pada mata pelajaran PAI sebelum dan sesudah penerapan strategi Quantum Quotient serta mengetahui pengaruh strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 16 Gelumbang pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre Experimental Design tipe One Group Pre test-Post test Design. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa sebelum penerapan strategi Quantum Quotient tergolong sedang dengan persentase nilai 55% yang diraih oleh 11 orang siswa 2) Hasil belajar siswa sesudah penerapan strategi Quantum Quotient tergolong tinggi dengan persentase nilai 40% yang diraih oleh 8 orang siswa. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel diketahui harga thitung lebih kecil dibandingkan ttabel (thitung = -7,793 < ttabel = -2,021) pada taraf signifikansi 5%. yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi Quantum Quotient dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD N 16 Gelumbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Quantum Quotient Hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:41
Last Modified: 16 Dec 2020 04:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item