PERAN KOMUNITAS GENERASI LITERAT DALAM MENANAMKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK DIDIK LAPAS (ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS 1 PALEMBANG

PITRIA, RESYA (2020) PERAN KOMUNITAS GENERASI LITERAT DALAM MENANAMKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK DIDIK LAPAS (ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS 1 PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB II.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB IV.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB V.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Peran Komunitas Generasi Literat dalam Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Didik Lapas.” Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan oleh komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi pada anak didik lapas, dan bagaimana peran komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi pada anak didik lapas serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi komunitas Generasi Literat dalam menjalankan perannya tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana pengambilan datanya dilakukan melalui penyebaran kuesioner, observasi, Wawancara dan dokumentasi. Kusioner disebar kepada anak didik lapas dengan populasi penelitian anak didik lapas berjumlah 137 anak. Adapun sampel yang diambil sebanyak 36 responden dengan teknik purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Model literasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Bi6 Skills. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi pada anak didik lapas sudah sangat baik. Adapun skor rata-rata yang diperoleh dari upaya komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi berdasarkan sub variabel pada model The Bi6 adalah definisi tugas (Task defination) sebesar 4,55, sub variabel strategi pencarian informasi (Information seeking strategies) sebesar 4,18, sub variabel lokasi dan akses (Location and access) sebesar 4,39, sub variabel penggunaan informasi (Use of information) sebesar 4,39, sub variabel sintesa (Synthesis) sebesar 4,18, dan sub variabel evaluasi sebesar 4,37. Adapun Strategi komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi pada anak didik lapas sangat baik, strategi yang mereka gunakan juga cukup kreatif, serta kendala yang dihadapi oleh komunitas Generasi Literat dalam menanamkan budaya literasi pada anak didik lapas, ada beberapa anak didik lapas yang keras kepala, suka menggoda perempuan-perempuan yang datang ke LPKA dan sebagian anak didik lapas lebih suka menyendiri dari pada mengikuti kegiatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? Z719 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Dec 2020 01:23
Last Modified: 18 Dec 2020 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8126

Actions (login required)

View Item View Item