PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG

ANGGRAINI, NUR DITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Group Investigasi (GI) merupakan model pembelajaran kooperatif yang lebih menekankan pada proses pencarian pengetahuan daripada transfer pengetahuan. Dalam model pembelajaran Group Investigasi(GI) siswa dilibatkan dalam perencanaan topik yang akan dipelajari dan bagaimana investigasi akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Group Investigasi (GI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII SMP Negeri 26 Palembang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigasi(GI) lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 44,10 dan nilai pretes kelas kontrol 46,66 sebelum diberi perlakuan. Setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Group Investigasi (GI) dan posttest rata-rata posttest kelas 82,50 kelas eksperimen dan rata-rata posttest kelas kontrol 70,50 setelah perlakuan. Berdasarkan hasil analisis uji-t terbukti bahwa thitung> ttabel, dimana titung kelas eksperimen sebesar 1605, sedangkan untuk t tabel 0,214. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigasi (GI) dikatakan mempengaruhi hasil belajar Biologi pada siswa dengan materi sistem ekskresi pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diberikan saran sebagai berikut: Karena model pembelajaran Group Investigasi (GI) membutuhkan waktu yang lama, maka guru harus dapat membimbing siswa selama proses pembelajaran agar sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan karena dengan keterbatasan peneliti, penelitian ini hanya mengenai pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Group Investigasi (GI) Pemahaman Konsep
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:20
Last Modified: 14 Jan 2021 04:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item